Pages

Subscribe:

Minggu, 01 April 2012

contoh RPP pembelajaran Tematik kelas 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SATUAN PENDIDIKAN
: MI MIFTAKHUL KHOIROT
TEMA
: ALAT TRANSPORTASI
KELAS / SEMESTER
: 1 / I
ALOKASI WAKTU
: 5 x 35’
TAHUN PELAJARAN
: 2011 / 2012


I.     Standar Kompetensi

Matematika
Bahasa Indonesia
 2. Menggunakan pengukuran waktu dan panjang
3. Memahami teks pendek dengan  membaca nyaring

II.  Kompetensi Dasar

Matematika
Bahasa Indonesia
 2.3 Mengenal panjang suatu benda melalui kalimat sehari-hari (pendek, panjang) dan membandingkannya.

3.1 Membaca nyaring suku kata dan kata  dengan lafal yang tepat

III.         Indikator

Matematika
Bahasa Indonesia
 2.3.1 Menunjukan panjang atau pendek suatu benda.
2.3.2   Membandingkan panjang dua buah benda
2.3.3 Mengurutkan benda berdasarkan panjangnya.
3.1.1 Membaca nyaring suku kata dan kata.

IV.         Tujuan Pembelajaran

Matematika
Bahasa Indonesia
·      Siswa dapat menunjukan panjang atau pendek suatu benda dengan tepat.
·      Siswa dapat Membandingkan panjang dua buah benda dengan tepat
·      Siswa dapat mengurutkan benda berdasarkan panjangnya dengan urut.
·           Siswa dapat membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat.

V.  Materi Pelajaran

Matematika
Bahasa Indonesia
ü Mengenal panjang dan pendek
ü Membandingkan panjang dua buah benda
ü Mengurutkan benda berdasarkan panjangnya
ü Menyebutkan jenis-jenis alat transportasi

VI.         Strategi Pembelajaran
Penugasan, Tanya Jawab, ceramah, reading aloud, menyanyi, diskusi kelompok, dan permainan.

VII.      Langkah-Langkah  Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal
Alokasi Waktu
Kegiatan Pembelajaran
Metode Pembelajaran
Sumber / Alat , dan Bahan
3’


7’

10’





10’




5’


ü Guru membuka pelajaran dengan salam, doa dan presensi serta mengkondisikan siswa untuk belajar
ü Guru bersama siswa menyanyikan lagu “Kereta Apiku” sambil bertepuk tangan.
ü Guru menggali pengalaman dan pengetahuan siswa tentang pengalaman yang menarik, dengan memberi pertanyaan: tentang macam-macam alat transportasi, yang pernah mereka naiki.
ü Lalu guru meminta beberapa siswa untuk menjelaskan bagaimana bentuk atau ciri dari alat transportasi yang mereka sebutkan.

ü Setelah itu guru menjelaskan tentang tujuan yang akan dicapai dalam pembelajaran, dan manfaat yang akan diperoleh oleh siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini.




Menyanyi

Tanya Jawab










Ceramah



Lagu “Kereta Apiku


Kegiatan Inti
Alokasi Waktu
Kegiatan Pembelajaran
Metode Pembelajaran
Sumber / Alat , dan Bahan
15’




15’




5’


3’



17’







15’



20’



15’



ü Guru menempelkan kertas plano yang bertuliskan tentang nama-nama alat transportasi, dan bersama dengan guru siswa-siswa di minta membacanya dengan nyaring,
ü Setelah selesai membaca siswa diminta memperhatikan penjelasan guru tentang ukuran panjang atau pendek suatu benda dalam bentuk ilustrasi gambar alat transportasi yang telah di sajikan oleh Guru.
ü Guru membagi siswa menjadi 4 kelompok, dan pada setiap kelompok di bagikan selembar kertas plano.
ü Kemudian Guru meminta ketua kelompok untuk maju mengambil undian yang berisikan soal yang telah disediakan Guru, untuk kemudian dikerjakan dalam satu kelompok.
ü Setelah ketua kelompok kembali pada kelompoknya, masing-masing kelompok di minta mengerjakan tugas yang telah tertulis pada soal tersebut, untuk jawabannya telah di sediakan guru di meja guru dan mereka di minta mencari jawabannya, untuk kemudian ditempelkan pada kertas plano yang tadi telah di bagikan.
ü Dalam pengambilan jawaban hanya di perbolehkan secara bertahap pada setiap nomer, dan kelompok yang paling awal menyelesaikan tugasnya dialah pemenangnya.
ü Setelah selesai permainan tersebut, siswa bersama guru menilai hasil kerja kelompok untuk kemudian di putuskan kelompok siapa yang jadi pemenangnya.
ü Kelas di kondisikan seperti semula, lalu guru memberikan penguatan terhadap materi yang telah di ajarkan, dan siswa di minta bertanya apabila masih belum paham.
Reading Aloud




Ceramah




Diskusi Kelompok &
 Permainan





















Ceramah
&
Tanya Jawab
Kertas Plano
&
Spidol







Kertas Plano
&
Selotip

Kegiatan Akhir
Alokasi Waktu
Kegiatan Pembelajaran
Metode Pembelajaran
Sumber / Alat, dan Bahan

ü  Siswa di minta untuk mengerjakan soal evaluasi yang telah disediakan guru, dan dikumpulkan.
ü  Sebelum pelajaran di akhiri Guru kembali mengajak siswa bernyanyi lagu “kereta Apiku “ bersama-sama.
ü  Dan sebagai rencana tindak lanjut, siswa di minta untuk mempelajari materi yang telah di pelajari hari ini di rumah serta mempelajari materi selanjutnya.
Penugasan


Menyanyi


Penugasan
Soal Uraian Singkat


Lagu “Kereta Apiku”

VIII.   Sumber Belajar
Ø Sriwilujeng, Dyah, Pembelajaran Terpadu dengan Pendekatan Tematik untuk SD Kelas 1 Semester 1, Erlangga : Jakarta  2007
Ø Sulardi, Pandai Berhitung Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 1, Erlangga : Jakarta, 2006
XI .  Penilaian
Prosedur penilaian       : Test
Teknis Penilaian           : Tes Tulis
Instrumen Penilaian     : Lembar Diskusi & Soal uraian singkat
Prosedur Penilaian   : Penilaian Proses saat kerja kelompok & penilaian pada akhir pembelajaran.
Madiun, 27 Maret 2012
Mengetahui,
Kepala Sekolah

Siti Mas’adah, S.Pd.


Guru Kelas I

Lailatul Badriyah


0 komentar:

Posting Komentar