RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SATUAN
PENDIDIKAN
|
: MI
MIFTAKHUL KHOIROT
|
TEMA
|
: ALAT
TRANSPORTASI
|
KELAS /
SEMESTER
|
: 1 / I
|
ALOKASI
WAKTU
|
: 5 x 35’
|
TAHUN
PELAJARAN
|
: 2011 /
2012
|
|
|
I.
Standar Kompetensi
Matematika
|
Bahasa
Indonesia
|
2. Menggunakan pengukuran waktu dan panjang
|
3. Memahami
teks pendek dengan membaca nyaring
|
II. Kompetensi Dasar
Matematika
|
Bahasa
Indonesia
|
2.3 Mengenal panjang suatu benda melalui
kalimat sehari-hari (pendek, panjang) dan membandingkannya.
|
3.1 Membaca
nyaring suku kata dan kata dengan
lafal yang tepat
|
III.
Indikator
Matematika
|
Bahasa
Indonesia
|
2.3.1 Menunjukan panjang atau pendek suatu
benda.
2.3.2 Membandingkan panjang dua buah benda
2.3.3
Mengurutkan benda berdasarkan panjangnya.
|
3.1.1
Membaca nyaring suku kata dan kata.
|
IV.
Tujuan Pembelajaran
Matematika
|
Bahasa
Indonesia
|
·
Siswa dapat menunjukan
panjang atau pendek suatu benda dengan tepat.
·
Siswa dapat
Membandingkan panjang dua buah benda dengan tepat
·
Siswa dapat mengurutkan
benda berdasarkan panjangnya dengan urut.
|
·
Siswa dapat membaca
nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat.
|
V.
Materi Pelajaran
Matematika
|
Bahasa
Indonesia
|
ü
Mengenal
panjang dan pendek
ü
Membandingkan
panjang dua buah benda
ü
Mengurutkan
benda berdasarkan panjangnya
|
ü
Menyebutkan
jenis-jenis alat transportasi
|
VI.
Strategi Pembelajaran
Penugasan, Tanya Jawab, ceramah, reading
aloud, menyanyi, diskusi kelompok, dan permainan.
VII.
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Awal
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Metode Pembelajaran
|
Sumber / Alat , dan Bahan
|
3’
7’
10’
10’
5’
|
ü Guru
membuka pelajaran dengan salam, doa dan presensi serta mengkondisikan siswa
untuk belajar
ü Guru bersama
siswa menyanyikan lagu “Kereta
Apiku” sambil bertepuk tangan.
ü Guru
menggali pengalaman dan pengetahuan siswa tentang pengalaman yang menarik,
dengan memberi pertanyaan: tentang macam-macam alat transportasi, yang pernah mereka naiki.
ü Lalu guru meminta beberapa siswa
untuk menjelaskan bagaimana bentuk atau ciri dari alat transportasi yang
mereka sebutkan.
ü Setelah itu guru menjelaskan
tentang tujuan yang akan dicapai dalam pembelajaran, dan
manfaat yang akan diperoleh oleh siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini.
|
Menyanyi
Tanya
Jawab
Ceramah
|
Lagu
“Kereta Apiku”
|
Kegiatan Inti
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Metode Pembelajaran
|
Sumber / Alat , dan Bahan
|
15’
15’
5’
3’
17’
15’
20’
15’
|
ü
Guru
menempelkan kertas plano yang bertuliskan tentang nama-nama alat
transportasi, dan bersama dengan guru siswa-siswa di minta membacanya dengan
nyaring,
ü
Setelah
selesai membaca siswa diminta memperhatikan penjelasan guru tentang ukuran
panjang atau pendek suatu benda dalam bentuk ilustrasi gambar alat
transportasi yang telah di sajikan oleh Guru.
ü
Guru membagi
siswa menjadi 4 kelompok, dan pada setiap kelompok di bagikan selembar kertas
plano.
ü
Kemudian Guru
meminta ketua kelompok untuk maju mengambil undian yang berisikan soal yang
telah disediakan Guru, untuk kemudian dikerjakan dalam satu kelompok.
ü
Setelah ketua
kelompok kembali pada kelompoknya, masing-masing kelompok di minta
mengerjakan tugas yang telah tertulis pada soal tersebut, untuk jawabannya
telah di sediakan guru di meja guru dan mereka di minta mencari jawabannya,
untuk kemudian ditempelkan pada kertas plano yang tadi telah di bagikan.
ü
Dalam
pengambilan jawaban hanya di perbolehkan secara bertahap pada setiap nomer,
dan kelompok yang paling awal menyelesaikan tugasnya dialah pemenangnya.
ü
Setelah
selesai permainan tersebut, siswa bersama guru menilai hasil kerja kelompok
untuk kemudian di putuskan kelompok siapa yang jadi pemenangnya.
ü
Kelas di
kondisikan seperti semula, lalu guru memberikan penguatan terhadap materi
yang telah di ajarkan, dan siswa di minta bertanya apabila masih belum paham.
|
Reading
Aloud
Ceramah
Diskusi
Kelompok &
Permainan
Ceramah
&
Tanya
Jawab
|
Kertas
Plano
&
Spidol
Kertas
Plano
&
Selotip
|
Kegiatan Akhir
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Metode Pembelajaran
|
Sumber / Alat, dan Bahan
|
|
ü
Siswa di minta
untuk mengerjakan soal evaluasi yang telah disediakan guru, dan dikumpulkan.
ü
Sebelum
pelajaran di akhiri Guru kembali mengajak siswa bernyanyi lagu “kereta Apiku
“ bersama-sama.
ü
Dan sebagai
rencana tindak lanjut, siswa di minta untuk mempelajari materi yang telah di
pelajari hari ini di rumah serta mempelajari materi selanjutnya.
|
Penugasan
Menyanyi
Penugasan
|
Soal
Uraian Singkat
Lagu
“Kereta Apiku”
|
VIII.
Sumber Belajar
Ø Sriwilujeng, Dyah, Pembelajaran Terpadu dengan Pendekatan Tematik untuk SD Kelas 1
Semester 1, Erlangga : Jakarta 2007
Ø Sulardi, Pandai
Berhitung Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 1, Erlangga : Jakarta, 2006
XI . Penilaian
Prosedur penilaian : Test
Teknis Penilaian : Tes Tulis
Instrumen
Penilaian : Lembar Diskusi & Soal
uraian singkat
Prosedur
Penilaian : Penilaian Proses saat kerja
kelompok & penilaian pada akhir pembelajaran.
Madiun,
27 Maret 2012
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Siti Mas’adah, S.Pd.
|
|
Guru
Kelas I
Lailatul Badriyah
|
0 komentar:
Posting Komentar