RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Identitas
Satuan Pendidikan
|
:
|
MI
Miftakhul Khoirot Sambirejo
|
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Matematika
|
|
Kelas / Semester
|
:
|
IV / 1
|
|
Standar Kompetensi
|
:
|
2.
|
Memahami dan menggunakan faktor dan kelipatan
dalam pemecahan masalah
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
2.1.
|
Mendeskripsikan konsep faktor dan
kelipatan
|
Indikator
|
:
|
2.1.1
2.1.2
|
Menentukan kelipatan bilangan 1sampai 100
Menentukan
factor bilangan 1 sampai 100
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1
× 30 menit ( 1 × pertemuan)
|
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini siswa
dapat :.
1. Menentukan kelipatan bilangan 1 sampai
100 dengan tepat.
2. Menentukan faktor bilangan 1 sampai 100 dengan tepat.
Materi Pembelajaran
Faktor & kelipatan suatu bilangan
Metode Pembelajaran
Ceramah, permainan, diskusi, Tanya jawab,
penugasan, dan diskusi kelompok.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegitan
Awal
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Metode Pembelajaran
|
Sumber / Alat dan Bahan
|
2’
|
Guru membuka pelajaran dengan salam,
doa dan presensi serta mengkondisikan siswa untuk belajar
|
Ceramah
|
Buku Absen
|
3’
|
Guru
menyampaikan apersepsi :
Guru memperlihatkan sebuah kertas yang
berbentuk persegi pada siswa, kemudian kertas itu dilipat menjadi 2, lalu
dilipat lagi, dan dilipat lagi, sampai kertas tersebut tidak bisa dilipat.
Pada setiap hasil lipatan dituliskan ada berapa bentuk kotak yang terbentuk
pada papan tulis, sehingga terbentuklah kelipatan bilangan.
|
Permainan
|
|
2’
|
Setelah kegiatan tersebut selesai, guru
menjelaskan maksud dan tujuan dari kegiatan tersebut dan menghubungkannya
dengan materi yang akan diajarkan.
|
Ceramah
|
Kegiatan
Inti
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Metode Pembelajaran
|
Sumber / Alat dan Bahan
|
2’
|
Guru menjelaskan konsep kelipatan pada
siswa, dan siswa di minta bertanya jika belum paham.
|
Ceramah
&
Tanya Jawab
|
Papan Tulis & Spidol
|
1’
|
Guru membagi siswa menjadi 5 kelompok
dengan meminta mereka berhitung 1-5 dst.
|
Penugasan
|
|
3’
|
Guru membagikan sebuah amplop pada setiap kelompok yang
telah berisikan beberapa angka, kemudian guru menginstruksikan untuk menyusun
empat kelipatan suatu bilangan dengan angka-angka yang mereka milki dengan
cara menempelkannya pada kertas yang telah di sediakan sebanyak-banyaknya
dalam waktu 2 menit.
|
Permainan
|
Kertas manila, kertas HVS, dan solasi
|
3’
|
Guru menjelaskan konsep factor suatu
bilangan, dan siswa di minta bertanya apabila belum paham
|
Ceramah
&
Tanya jawab
|
Papan tulis & spidol
|
3’
|
Guru membagikan lembar kerja pada
setiap kelompok yang harus mereka kerjakan, dan mereka dipersilahkan untuk
berdiskusi dengan masing-masing kelompoknya.
|
Penugasan & diskusi kelompok
|
Lembar Kegiatan siswa
|
3’
|
Setelah selesai mengerjakan lembar
kerja, perwakilan kelompok menuliskan hasil jawabannya pada papan tulis.
|
Penugasan
|
Spidol & papan tulis
|
3’
|
Guru memberikan penguatan dengan cara
membahas hasil diskusi yang telah di tuliskan pada papan tulis, dan siswa di
minta bertanya apabila ada yang belum dimengerti.
|
Ceramah & Tanya jawab
|
Kegiatan
Penutup
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Metode Pembelajaran
|
Sumber / Alat dan Bahan
|
3’
|
Siswa di minta untuk mengerjakan soal
evaluasi yang telah disediakan guru, dan dikumpulkan.
|
Penugasan
|
Soal evaluasi
|
2’
|
Sebagai tindak lanjut siswa dimotivasi
untuk mempelajari kembali pelajaran yang telah dipelajari dan sebagai tugas
rumah siswa diminta untuk mempelajari
materi selanjutnya.
|
Penugasan
|
Sumber Belajar
Sulardi,
Pandai Berhitung Matematika untuk SD
kelas 4, Erlangga : Jakarta,
2007
Lembar
kerja siswa
Alat dan Bahan
Solasi , kertas manila,
kertas karton, soal evaluasi, spidol, dan papan tulis, lembar kerja siswa,
lembar pengamatan
Penilaian Hasil Belajar
Ø
Jenis
tes : Tertulis
Ø
Alat
Penilaian
-
Soal
evaluasi
-
Lembar
kerja siswa
-
Lembar
pengamatan
Ø
Prosedur
Penilaian
-
Penilaian proses : pengamatan selama diskusi dan
presentasi
-
Penilaian akhir : tes tulis pada akhir pembelajaran
Ø
Instrumen
dan Kriteria Penilaian
- lembar kerja siswa
- lembar pengamatan
- soal evaluasi
Madiun,
5 Maret 2012
Dosen Pembimbing
Retno Widyaningrum
|
Mengetahui,
|
Praktikan
Lailatul Badriyah
|
0 komentar:
Posting Komentar