Pages

Subscribe:

Senin, 25 Juni 2012

rpp matematika


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Identitas
Satuan Pendidikan
:
MI Miftakhul Khoirot Sambirejo
Mata Pelajaran
:
Matematika
Kelas / Semester
:
 IV / 1
Standar Kompetensi
:
2.
Memahami dan menggunakan faktor dan kelipatan dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar
:
2.1.
Mendeskripsikan konsep faktor dan kelipatan
Indikator
:
2.1.1
2.1.2
Menentukan kelipatan  bilangan 1sampai 100
Menentukan factor  bilangan 1 sampai 100
Alokasi Waktu
:
1 × 30 menit ( 1 × pertemuan)

Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini siswa dapat :.
1.    Menentukan kelipatan bilangan 1 sampai 100 dengan tepat.
2.    Menentukan faktor  bilangan 1 sampai 100 dengan tepat.
Materi Pembelajaran
Faktor & kelipatan suatu bilangan
Metode Pembelajaran
Ceramah, permainan, diskusi, Tanya jawab, penugasan, dan diskusi kelompok.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegitan Awal
Alokasi Waktu
Kegiatan Pembelajaran
 Metode Pembelajaran
Sumber / Alat dan Bahan
2’
Guru membuka pelajaran dengan salam, doa dan presensi serta mengkondisikan siswa untuk belajar
Ceramah
Buku Absen
3’
Guru menyampaikan apersepsi :
Guru memperlihatkan sebuah kertas yang berbentuk persegi pada siswa, kemudian kertas itu dilipat menjadi 2, lalu dilipat lagi, dan dilipat lagi, sampai kertas tersebut tidak bisa dilipat. Pada setiap hasil lipatan dituliskan ada berapa bentuk kotak yang terbentuk pada papan tulis, sehingga terbentuklah kelipatan bilangan.
Permainan

2’
Setelah kegiatan tersebut selesai, guru menjelaskan maksud dan tujuan dari kegiatan tersebut dan menghubungkannya dengan materi yang akan diajarkan.
Ceramah

Kegiatan Inti
Alokasi Waktu
Kegiatan Pembelajaran
 Metode Pembelajaran
Sumber / Alat dan Bahan
2’
Guru menjelaskan konsep kelipatan pada siswa, dan siswa di minta bertanya jika belum paham.
Ceramah
&
Tanya Jawab
Papan Tulis & Spidol
1’
Guru membagi siswa menjadi 5 kelompok dengan meminta mereka berhitung 1-5 dst.
Penugasan

3’
Guru membagikan  sebuah amplop pada setiap kelompok yang telah berisikan beberapa angka, kemudian guru menginstruksikan untuk menyusun empat kelipatan suatu bilangan dengan angka-angka yang mereka milki dengan cara menempelkannya pada kertas yang telah di sediakan sebanyak-banyaknya dalam waktu 2 menit.
Permainan
Kertas manila, kertas HVS, dan solasi
3’
Guru menjelaskan konsep factor suatu bilangan, dan siswa di minta bertanya apabila belum paham
Ceramah
 &
 Tanya jawab

Papan tulis & spidol
3’
Guru membagikan lembar kerja pada setiap kelompok yang harus mereka kerjakan, dan mereka dipersilahkan untuk berdiskusi dengan masing-masing kelompoknya.
Penugasan & diskusi kelompok
Lembar Kegiatan siswa
3’
Setelah selesai mengerjakan lembar kerja, perwakilan kelompok menuliskan hasil jawabannya pada papan tulis.
Penugasan
Spidol & papan tulis
3’
Guru memberikan penguatan dengan cara membahas hasil diskusi yang telah di tuliskan pada papan tulis, dan siswa di minta bertanya apabila ada yang belum dimengerti.
Ceramah & Tanya jawab
Kegiatan Penutup
Alokasi Waktu
Kegiatan Pembelajaran
 Metode Pembelajaran
Sumber / Alat dan Bahan
3’
Siswa di minta untuk mengerjakan soal evaluasi yang telah disediakan guru, dan dikumpulkan.
Penugasan
Soal evaluasi
2’
Sebagai tindak lanjut siswa dimotivasi untuk mempelajari kembali pelajaran yang telah dipelajari dan sebagai tugas rumah siswa  diminta untuk mempelajari materi selanjutnya.
Penugasan


Sumber Belajar
Sulardi, Pandai Berhitung Matematika untuk SD kelas 4, Erlangga : Jakarta, 2007
Lembar kerja siswa



Alat dan Bahan
Solasi , kertas manila, kertas karton, soal evaluasi, spidol, dan papan tulis, lembar kerja siswa, lembar pengamatan
Penilaian Hasil Belajar
Ø      Jenis tes                        : Tertulis
Ø      Alat Penilaian
-         Soal evaluasi
-         Lembar kerja siswa
-         Lembar pengamatan
Ø      Prosedur Penilaian
-     Penilaian proses       : pengamatan selama diskusi dan presentasi
-     Penilaian akhir          : tes tulis pada akhir pembelajaran
Ø      Instrumen dan Kriteria Penilaian

- lembar kerja siswa
- lembar pengamatan
- soal evaluasi

                                                                                                            Madiun, 5 Maret 2012

Dosen Pembimbing


Retno Widyaningrum
Mengetahui,



Praktikan


Lailatul Badriyah








0 komentar:

Posting Komentar